Friday, September 16, 2011

Berbicara di depan umum itu menyenangkan..


“kata siapa? Ahh ngeri banget kali..diliatin gitu ama banyak orang..tengsin gue!”
“yah..emang dasar elu aja yang banci tampil!"

“gak pede gue..gue kan gak cakep..”
Itu beberapa alasan temen-temen gue yang kadang keluar dari mulut mereka pas disuruh maju ke depan umum..
Gue juga kadang ngerasa gugup..malu..dagdigdugduer..mau ngencing..keringetan..macem-macem..apalagi klo di depan orang-orang penting kyk dosen..temen-temen bokap..tapi gue berusaha untuk ngilangin itu perasaan..bahkan kadang gue menikmati suasana hati yang deg-degan tersebut..
Tiap orang memiliki keinginan untuk didengar oleh orang lain..ingin dirasa penting dan ingin diperhatikan oleh orang lain.. yah..inilah alasan gue juga untuk selalu bisa tampil atau bicara di depan orang..
Awalnya gue dagdigdug banget pas pertama ngajar di kelas (SMA). Gue malu..gue gak PD..apalagi klo yang ada di depan gue banyak yang cakep-cakep..hahaha..
Awalnya gue masih lantang memperkenalkan diri gue ke mereka..tapi pas mulai masuk materi gue mulai gugup..hahaha..
Tapi ilmu ini memang gak bisa diajarin dengan teori aja..butuh jam terbang yang cukup  untuk menjadikan kita cukup tangguh dan bisa mengkontrol orang-orang yang ada di depan kita..
Mungkin ada beberapa cara yang bisa gue share nih..supaya kita tetap menjadi orang yang “penting” ketika berbicara di hadapan orang banyak (gak dikacangin sama audience):
1.     Suasana hati harus gembira
Ya..suasana hati yang gembira akan sangat terlihat dari air muka kita. Muka kita akan terlihat lebih cerah sehingga audience akan cukup pay attention ke kita.
2.     Sikap ramah
Kita harus jadi orang yang ramah terhadap audience. Gue udah mencoba hal ini pada saat gue di kelas mengajar. Di satu kelas, gue bikin anak-anaknya stress. Gue gak menunjukkan sikap yang bersahabat ke mereka. Gue bikin muka gue muka batu alias keras. pokoknya gue gak ada ramah-ramahnya pada saat itu. Setiap ada keributan sedikit gue pasti marah. Gue adalah hukum pada saat itu bagi mereka.
Apa yang gue dapet? Ya mereka diem dan nurut ama gue. Tapi di belakang, mereka ngegerutu dan ngejek-jelekin gue.hahaha. terkadang malah bukannya mereka takut, tapi malah jadi kurang ajar. Di kelas mereka membabibuta bikin rusuh. Di luar kelas mereka gak negor gue sama sekali karena di otak mereka gue itu orang yang menyebalkan dan musti disingkirkan.
Di kelas lainnya gue mencoba untuk menjadi orang yang ramah, klo ada keributan gue berusaha untuk menegur dengan tetap menjaga sikap persuasif. Gue selalu tebar senyum ke mereka semua. Gue ajak ketawa, dan terkadang gue bikin lelucon supaya mereka gak bosen.
Respon mereka kemudia adalah: mereka mau akrab dengan gue. Mereka minta FB dan pin gue. Mereka negur gue klo ada di luar kelas bahkan di luar sekolah. Mereka bahkan mau belajar dan mendengar apa yang gue jelaskan dan hasilnya mereka bisa dan ngerti. Kalo gue udah lumayan marah, gue cukup diam sesaat, dan mereka langsung diem sendiri karena mereka ‘gak enak’ sama gue.
Intinya, ketika mereka sudah respect dengan kita, ada suatu hal yang membuat mereka juga untuk tetap menjaga sikap dengan kita.
3.     Pengaturan nada dan nafas yang baik
Ada kalanya memang kita harus menekan nada dan mempercepat tempo bicara kita. Sebagai contohnya, ketika ada murid gue yang udah nguap-nguap karena ngantuk, gue meninggikan volume bicara supaya itu anak kaget dan seger lagi. Hahaha.
Penekanan terhadap hal-hal yang ingin kita tekankan atau penting untuk disampaikan juga perlu untuk membantu pemahaman audience.
Pengaturan nafas, ya ini juga penting. Jangan sampe pas kita bicara kita ngos-ngosan karena nafasnya gak pake aturan. Ini juga akan berpengaruh pada performance kita.
4.     Percaya diri
PD aja lagi!! Klo kita gak PD, waduh yakin lah gue, klo performance kita cuman akan jadi ajang tertawaan audience atau bahkan pemburukan citra kita aja.
Di sekolah tempat gue mengajar, ada beberapa tentor yang cukup krisis PD. Di depan kelas yang ada dia cuman cengengesan gak jelas karena gak tau juga musti ngapain. Ada juga yang gak berani natap audience. Alhasil si murid malah ngecengin dengan puas sang tentor.
Anggep aja nih, yang di depan kita itu batu! Hahaha. Atau malahan gue kadang mikir gini: gue lebih tau dari audience gue, jadi tugas gue ya ngasih tau mereka. Alhasil nih gue dengan PD ngasih tau atau nyampein apa yang akan gue ajarkan.
5.     Tatapan mata
Tatapan mata yang kita lakukan cukup membantu kita untuk berbicara ke audience. Tatapan mata yang tepat akan membuat keyakinan tersendiri ke audience bahwa apa yang kita katakana benar adanya. Tatapan mata juga mencerminkan kita yang antusias akan hal yang kita bicarakan.
Menatap bukan berarti hanya menatap mata satu orang audience saja. Coba lakukan kontak mata dengan seluruh audience (secara menyeluruh). Berikan kontak mata sekitar tiga detik kepada tiap audience. Tatap juga audience yang duduk di belakang karena biasanya sih yang di belakang justru gak mendengarkan.
6.     Materi yang menarik
Materi adalah amunisi kita untuk berperang. Jangan sampe nih amunisi kita kosong alias gak penting. Coba cari tahu hal-hal penting yang perlu disampaikan. Selipkan beberapa lelucon untuk melakukan ice breaking juga baik. Pokoknya jangan sampai materi yang kita berikan itu garing bagi audience.
7.     Bahan presentasi yang menarik
Coba buat presentasi kita semenarik mungkin. Mungkin power point akan sangat membantu kita untuk membuat bahan yang menarik. Namun terkadang beberapa orang menyalah artikan ini. Jangan membuat bahan presentasi yang ‘lebay’. Layaknya sayur yang diberi garam terlalu banyak hanya akan membuat si audience muntah. Coba buat presentasi yang cukup menarik, tidak kurang dan tidak berlebihan.

0 comments:

Post a Comment

 
;